Selasa, 31 Juli 2012

Pelatihan Microsoft Excel



PELATIHAN MICROSOFT EXCEL

I. 
b. Teori Singkat
Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerjaspreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platformPC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2007 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2007.

Ø Sejarah

Pada tahun 1982, Microsoft membuat sebuah program spreadsheet yang disebut dengan Multiplan, yang sangat populer dalam sistem-sistem CP/M, tapi tidak dalam sistem MS-DOS mengingat di sana sudah berdiri saingannya, yakni Lotus 1-2-3. Hal ini membuat Microsoft memulai pengembangan sebuah program spreadsheet yang baru yang disebut dengan Excel, dengan tujuan, seperti yang dikatakan oleh Doug Klunder, "do everything 1-2-3 does and do it better/melakukan apa yang dilakukan oleh 1-2-3 dan lebih baik lagi".
Versi pertama Excel dirilis untuk Macintosh pada tahun 1985 dan versi Windows-nya menyusul (dinomori versi 2.0) pada November 1987. Lotus ternyata terlambat turun ke pasar program spreadsheet untuk Windows, dan pada tahun tersebut, Lotus 1-2-3 masih berbasis MS-DOS. Pada tahun 1988, Excel pun mulai menggeser 1-2-3 dalam pangsa pasar program spreadsheet dan menjadikan Microsoft sebagai salah satu perusahaan pengembang aplikasi perangkat lunak untuk komputer pribadi yang andal. Prestasi ini mengukuhkan Microsoft sebagai kompetitor yang sangat kuat bagi 1-2-3 dan bahkan mereka mengembangkannya lebih baik lagi. Microsoft, dengan menggunakan keunggulannya, rata-rata merilis versi Excel baru setiap dua tahun sekali, dan versi Excel untuk Windows terakhir adalah Microsoft Office Excel 2007 (Excel 12), sementara untuk Macintosh (Mac OS X), versi terakhirnya adalah Microsoft Excel 2004.
Pada awal-awal peluncurannya, Excel menjadi sasaran tuntutan perusahaan lainnya yang bergerak dalam bidang industri finansial yang telah menjual sebuah perangkat lunak yang juga memiliki nama Excel. Akhirnya, Microsoft pun mengakhiri tuntutan tersebut dengan kekalahan dan Microsoft harus mengubah nama Excel menjadi "Microsoft Excel" dalam semua rilis pers dan dokumen Microsoft. Meskipun demikian, dalam prakteknya, hal ini diabaikan dan bahkan Microsoft membeli Excel dari perusahaan yang sebelumnya menuntut mereka, sehingga penggunaan nama Excel saja tidak akan membawa masalah lagi. Microsoft juga sering menggunakan huruf XLsebagai singkatan untuk program tersebut, yang meskipun tidak umum lagi, ikon yang digunakan oleh program tersebut masih terdiri atas dua huruf tersebut (meski diberi beberapa gaya penulisan). Selain itu, ekstensi default dari spreadsheet yang dibuat oleh Microsoft Excel hingga versi 11.0 (Excel 2003) adalah *.xls sedangkan mulai Microsoft Office Excel 2007 (versi 12.0) ekstensi default-nya adalah *.xlsx yang mendukung format HTML namun dengan isi yang sama memiliki ukuran file yang lebih kecil jika dibandingkan dengan versi-versi Excel sebelumnya.
Excel menawarkan banyak keunggulan antarmuka jika dibandingkan dengan program spreadsheet yang mendahuluinya, tapi esensinya masih sama dengan VisiCalc (perangkat lunak spreadsheet yang terkenal pertama kali): Sel disusun dalam baris dan kolom, serta mengandung data atau formula dengan berisi referensi absolut atau referensi relatif terhadap sel lainnya.
Excel merupakan program spreadsheet pertama yang mengizinkan pengguna untuk mendefinisikan bagaimana tampilan dari spreadsheet yang mereka sunting: font, atribut karakter, dan tampilan setiap sel. Excel juga menawarkan penghitungan kembali terhadap sel-sel secara cerdas, di mana hanya sel yang berkaitan dengan sel tersebut saja yang akan diperbarui nilanya (di mana program-program spreadsheet lainnya akan menghitung ulang keseluruhan data atau menunggu perintah khusus dari pengguna). Selain itu, Excel juga menawarkan fitur pengolahan grafik yang sangat baik.
Ketika pertama kali dibundel ke dalam Microsoft Office pada tahun 1993, Microsoft pun mendesain ulang tampilan antarmuka yang digunakan oleh Microsoft Word dan Microsoft PowerPoint untuk mencocokkan dengan tampilan Microsoft Excel, yang pada waktu itu menjadi aplikasi spreadsheet yang paling disukai.
Sejak tahun 1993, Excel telah memiliki bahasa pemrograman Visual Basic for Applications (VBA), yang dapat menambahkan kemampuan Excel untuk melakukan automatisasi di dalam Excel dan juga menambahkan fungsi-fungsi yang dapat didefinisikan oleh pengguna (user-defined functions/UDF) untuk digunakan di dalamworksheet. Dalam versi selanjutnya, bahkan Microsoft menambahkan sebuah integrated development environment(IDE) untuk bahasa VBA untuk Excel, sehingga memudahkan programmer untuk melakukan pembuatan program buatannya. Selain itu, Excel juga dapat merekam semua yang dilakukan oleh pengguna untuk menjadi macro, sehingga mampu melakukan automatisasi beberapa tugas. VBA juga mengizinkan pembuatan form dan kontrol yang terdapat di dalam worksheet untuk dapat berkomunikasi dengan penggunanya. Bahasa VBA juga mendukung penggunaan DLL ActiveX/COM, meski tidak dapat membuatnya. Versi VBA selanjutnya menambahkan dukungan terhadap class module sehingga mengizinkan penggunaan teknik pemrograman berorientasi objek dalam VBA.
Fungsi automatisasi yang disediakan oleh VBA menjadikan Excel sebagai sebuah target virus-virus macro. Ini merupakan problem yang sangat serius dalam dunia korporasi hingga para pembuat antivirus mulai menambahkan dukungan untuk mendeteksi dan membersihkan virus-virus macro dari berkas Excel. Akhirnya, meski terlambat, Microsoft juga mengintegrasikan fungsi untuk mencegah penyalahgunaan macro dengan menonaktifkan macro secara keseluruhan, atau menngaktifkan macro ketika mengaktifkan workbook, atau mempercayai macroyang dienkripsi dengan menggunakan sertifikat digital yang tepercaya.

Ø Versi

Tabel berikut berisi versi-versi Microsoft Excel
Tahun
Versi Excel
Excel 1.0
Tidak ada Microsoft Office
Excel 2.0 for Windows
Tidak ada Microsoft Office
Excel 1.5
Tidak ada Microsoft Office
Excel 2.2
Tidak ada Microsoft Office
Excel 2.2
Tidak ada Microsoft Office
Excel 3.0
Tidak ada Microsoft Office
Excel 3.0
Tidak ada Microsoft Office
Excel 3.0
Tidak ada Microsoft Office
Excel 4.0
Tidak ada Microsoft Office
Excel 4.0
Apple Macintosh
Tidak ada Microsoft Office
Excel 5.0
Windows 3.0Windows 3.1, Windows 3.11, Windows for Workgroups, dan Windows NT (hanya versi 32-bit)
Microsoft Office 4.2 dan Office 4.3
Excel 5.0
Apple Macintosh
Tidak ada Microsoft Office
Excel 7 for Windows 95
Microsoft Office 95
Excel 97 (Excel 8)
Microsoft Office 97
Excel 8.0
Apple Macintosh
Microsoft Office '98 for Macintosh
Excel 2000 (Excel 9)
Microsoft Office 2000
Excel 9.0
Apple Macintosh
Microsoft Office 2001 for Macintosh
Excel 2002 (Excel 10)
Microsoft Office XP
Excel 10.0
Microsoft Office v. X
Excel 2003 (Excel 11)
Windows 2000 (Service Pack 3), Windows XP, Windows Server 2003Windows Vista,Windows Server 2008
Microsoft Office System 2003
Excel 11.0
Apple Macintosh OS X
Microsoft Office 2004 for Macintosh
Excel 2007 (Excel 12)
Microsoft Windows XP (dengan Service Pack 2 atau lebih tinggi), Windows Server 2003 (Service Pack 1), Windows Vista, serta Windows Server 2008.
Microsoft Office System 2007

Ø Format berkas

Dari pertama kali dirilis, Excel menggunakan format berkas biner yang disebut dengan Binary Interchange File Format (BIFF) sebagai format berkas utamanya. Hal ini berubah ketika Microsoft merilis Office System 2007 yang memperkenalkan Office Open XML sebagai format berkas utamanya. Office Open XML adalah sebuah berkas kontainer berbasis XML yang mirip dengan XML Spreadsheet (XMLSS), yang diperkenalkan pada Excel 2002. Berkas versi XML tidak dapat menyimpan macro VBA.
Meskipun mendukung format XML yang baru, Excel 2007 masih mendukung format-format lamanya yang masih berbasis BIFF yang tradisional. Selain itu, kebanyakan versi Microsoft Excel juga mendukung format Comma Separated Values (CSV), DBase File (DBF), SYmbolic LinK (SYLK), Data Interchange Format (DIF) dan banyak format lainnya, termasuk di antaranya format worksheet milik Lotus 1-2-3 (WKSWK1WK2, dan lain-lain) dan Quattro Pro.
Excel 2007 tidak mendukung untuk melakukan penyimpanan pada semua format tersebut. Beberapa format yang tidak dapat dibuka di Excel 2007 tapi dapat dibuka di versi sebelumnya adalah:
  1. WK1 (1-2-3)
  2. WK4 (1-2-3)
  3. WJ3 (1-2-3 Japanese) (.wj3)
  4. WKS (1-2-3)
  5. WK3 (1-2-3)
  6. WK1 FMT(1-2-3)
  7. WJ2 (1-2-3 Japanese) (.wj2)
  8. WJ3, FJ3 (1-2-3 Japanese) (.wj3)
  9. DBF 2 (dBASE II)
  10. WQ1 (Quattro Pro/DOS)
  11. WK3,FM3(1-2-3)
  12. Microsoft Excel Chart (.xlc)
  13. WK1, ALL(1-2-3)
  14. WJ1 (1-2-3 Japanese) (.wj1)
  15. WKS (Works Japanese) (.wks)
Sedangkan beberapa format yang dapat dibuka, tapi tidak dapat disimpan di Excel 2007 antara lain:
  1. Microsoft Excel 2.1 Worksheet
  2. Microsoft Excel 2.1 Macro
  3. Microsoft Excel 3.0 Worksheet
  4. Microsoft Excel 3.0 Macro
  5. Microsoft Excel 4.0 Worksheet
  6. Microsoft Excel 4.0 Macro
  7. Microsoft Excel 97 - Excel 2003 & 5.0/95 Workbook
  8. Microsoft Excel 4.0 Workbook
  9. DBF 3 (dBASE III)
  10. DBF 4 (dBASE IV)
Berikut ini adalah beberapa ekstensi Microsoft Excel:
  • *.xls, merupakan format default Microsoft Excel sebelum Excel 12. Masih berbasis format BIFF dan dapat menyimpanmacro VBA.
  • *.xlt, merupakan format untuk template worksheet Microsoft Excel sebelum Excel 12. Masih berbasis format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA.
  • *.XML, atau yang disebut sebagai XML Spreadsheet. Tidak mampu menampung macro VBA.
  • *.xla, merupakan format untuk Excel Add-in sebelum Excel 12. Masih berbasis format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA, mengingat tujuannya adalah untuk menambahkan kemampuan Microsoft Excel.
  • *.xlsx, merupakan format default worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML. Tidak dapat menyimpan macroVBA, karena alasan keamanan. Sebenarnya merupakan sebuah arsip terkompres berformat ZIP dengan struktur dokumen yang terdiri atas dokumen teks XML. Adalah pengganti dari format .xls yang kuno.
  • *.xlsm, merupakan format worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML, tapi dapat menyimpan macro VBA.
  • *.xlsb, merupakan format worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML, tapi dikodekan dalam bentuk biner. Format ini memiliki keunggulan lebih kepat dibuka dan lebih efisien, mengingat tujuan dibuatnya format ini adalah untuk menangani worksheet yang sangat besar yang terdiri atas puluhan ribu baris atau ratusan kolom.
  • *.xltm, merupakan format untuk template worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML tapi mampu menyimpanmacro VBA. Merupakan pengganti dari format *.xlt.
  • *.xlam, merupakan format untuk Excel Add-in untuk menambah kemampuan Excel 12. Secara default mampu menanganimacro VBA, mengingat tujuannya adalah menambahkan kemampuan Excel.
I. 2. a. Mengaktifkan dan Menutup Microsoft excel 2007

Ø MENGAKTIFKAN MICROSOFT EXCEL

Pengantar
Microsoft Excel merupakan keluarga dari Microsoft Ofice, adalah salah satu program atau perangkat lunak pengolah angka yang populer saat ini, lebih unggul dibanding dengan program pengolah angka sebelumnya seperti ( Lotus 123)
Microsoft Excel biasa juga disebut Spreadsheet berbasis Windows sekarang semakin berkembang dari versi 2003 menjadi versi 2007 malah sudah muncul lagi versi 2010, digunakan untuk mengolah data khususnya yang bersifat angka antara lain:
 Perhitungan
 Proyeksi data
 Analisis data
 Grafik
 Laporan /presentasi data
Program pengolah angka Microsoft Excel memiliki beberapa persamaan menu, cara operasi, dan ikon-ikon shortcut dengan Microsoft Word, sehingga pemahaman terhadap Microsoft Word yang dipelajari pada semester sebelumnya merupakan modal dasar untuk mengoperasikan Microsoft Excel.
Mengaktifkan Microsof Excel
Untuk bisa bekerja dengan microsoft excel, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mengaktifkan program microsoft excel tersebut. Adapun caranya adalah sbb:
Apabila pada desktop komputer anda terdapat shortcard Microsoft Excel, yaitu icon berlambang huruf X 
  • Double klick shortcart Excel tersebut atau
  • http://2.bp.blogspot.com/_klLXgQ6C4aY/TO5w3LztL7I/AAAAAAAAATg/f7ItfhY0ScA/s400/Picture%2B8.jpgKlick kanan shortcart Excel tersebut
  • Pilih perintah Open
Apabila pada destop computer anda tidak terdapat shortcard Microsoft Excel, berkemungkinan shortkard tersebut terdapat pada halaman Start, lakukan langkah berikut:
· Klik tombol ”Start”
· Klick shortcart Excel tersebut
Apabila pada halaman Start juga tidak ditemukan shortcard exel, lakukan langkah berikut:
· Klik tombol ”Start”
· Pilih All Program
· Pilih Microsoft Ofice
· Pilih Microsoft Ofice Exel
Selanjutnya program Microsoft excel diaktifkan sekaligus ditampilkan buku kerja baru.
Ø Menutup Microsoft Excel:
Apabila anda ingin mengakhiri kegiatan dan ingin menutup program, caranya adalah sebagai berkut :
· Klik tombol Cloce ( tanda silang merah yang ada di sudut kanan atas buku kerja) . Jika buku kerja itu belum anda simpan mungkin karena lupa, maka akan dimunculkan dialog yang mempertanyakan apakah dokumen ini akan disimpan atau tidak
· Untuk sementara ini pilih No, namun lain waktu jika anda sudah melakukan aktivitas pada buku kerja anda, anda dapat memilih Yes dan pekerjaan anda akan disimpan.
I. 2. b. Fungsi Menu dain Ikon Microsoft Excel 2007

Menjelaskan Fungsi Menu dan Ikon Pada Program Microsoft Excel 

Program pengolah kata Microsoft Excel memiliki sembilan menu yang terdapat bar atau baris menu. Kesembilan menu itu: File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Data, Window, dan Help. Masing-masing menu memiliki submenu perintah yang masing-masing sub perintah tersebut memiliki fungsi tersendiri yaitu antara lain:
1.MENU FILE
1. New : Perintah untuk membuat lembar kerja baru
2. Open : Perintah untuk membuka dokumen
3. Close : Perintah untuk menutup jendela workbook
4. Save : Perintah untuk menyimpan data
5. Save As : Perintah untuk menyimpan data yang belum memiliki nama
6. Save As Web Page : Perintah untuk menyimpan kedalam halaman web
7. Save Workspace : Perintah untuk menyimpan sebagai file workspace
8. File Search : Perintah untuk mencari file workbook
9. Permission : Perintah untuk melihat apa yang akan disetting dalam halaman pengelolahan data tersebut
10. Web Page Preview : Perintah untuk melihat lembar kerja yang akan dicetak
11. Page Setup : Perintah untuk mengatur setting halaman
12. Print Area : Perintah untuk menentukan lembar kerja yang akan dicetak
13. Print Preview : Perintah untuk melihat lembar kerja yang akan dicetak
14. Print : Perintah untuk mencetak data
15. Send To : Perintah untuk mengirimkan file
16. Properties : Perintah untuk Membuat ringkasan file yang aktif
17. Exit : Perintah untuk menutup program Microsoft Excel
2.MENU EDIT
1. Undo : Perintah untuk membatalkan perintah terakhir
2. Redo : Perintah untuk membatalkan perintah Undo
3. Cut : Perintah untuk memotong naskah
4. Copy : Perintah untuk membuat duplikat naskah
5. Office Clipboard : Perintah untuk menampilkan jendela Cilpboard
6. Paste : Perintah untuk pasangan Cut dan Copy
7. Paste Spesial: Perintah untuk membantu perintah Copy dan Cut
8. Paste as Hyperlink : Perintah untuk membantu perintah Copy dan Cut dengan Hyperlink
9. Fill : Perintah untuk mengisi data pada sel dan range pada lembar kerja
10. Clear : Perintah untuk menghapus data
11. Delete : Perintah untuk menghapus dan memindahkan data
12. Delete Sheet : Perintah untuk menghapus sheet
13. Move or Copy Sheet : Perintah untuk memindahkan dan menyalin sheet pada lembar kerja
14. Find : Perintah untuk mencari data
15. Replace : Perintah untuk mengganti data
16. Go To : Perintah untuk memindahkan sel yang aktif ke sel yang lain
3.MENU VIEW
1. Normal : Perintah untuk menampilkan lembar kerja pada posisi normal
2. Page Break Preview : Perintah untuk melihat hasil pemotongan halaman lembar kerja
3. Task Pane : Perintah untuk membuka tampilan perintah
4. Toolbars : Perintah untuk menampilkan toolbar
5. Formula Bar: Perintah untuk memunculkan baris rumus
6. Status Bar : Perintah untuk memunculkan status bar
7. Header and Footer : Perintah untuk membuat header dan footer
8. Comments : Perintah untuk memunculkan toolbar comment dan reviewing lembar kerja
9. Custom Views : Perintah untuk menyimpan area cetak pada workbook
10. Full Screen: Perintah untuk menampilkan layer secara penuh
11. Zoom : Perintah untuk mengganti ukuran lembar kerja
4.MENU INSERT
1. Cell : Perintah untuk menyisipkan sel
2. Rows : Perintah untuk menambah beris sel
3. Columns : Perintah untuk menambah kolom
4. Worksheet : Perintah untuk menyisipkan lembar kerja
5. Chart : Perintah untuk membuat grafik
6. Symbol : Perintah untuk menyisipkan symbol
7. Page Break : Perintah untuk membuat halaman yang terpotong
8. Function : Perintah untuk memasukkan rumus fungsi logika
9. Name : Perintah untuk memberi nama range data
10. Comment : Perintah untuk memberi catatan pada lembar kerja
11. Picture : Perintah untuk menyisipkan gambar
12. Diagram : Perintah untuk membuat diagram
13. Object : Perintah untuk memasukkan gambar
14. Hyperlink : Perintah untuk menghubungkan berkas dengan file
5.MENU FORMAT
1. Cell : Perintah untuk membuat format sel
2. Row : Perintah untuk mengatur tinggi baris
3. Column : Perintah untuk mengatur lembar kolom
4. Sheet : Perintah untuk memformat sheet
5. Auto Format : Perintah untuk membuat format table
6. Conditional Formating : Perintah untuk memformat nilai data sel
7. Style : Perintah untuk mengubah data pada lembar kerja
6.MENU TOOLS
1. Spelling : Perintah untuk memeriksa data
2. Research : Perintah untuk mencari file
3. Error Cheking : Perintah untuk mengecek kesalahan
4. Track Changes : Perintah untuk melihat pengubahan oleh orang lain
5. Compare and Merge Workbooks : Perintah untuk menggabungkan beberapa workbook
6. Protection : Perintah untuk mengamankan data
7. Online Colaboration : Perintah untuk menyusun pertemuan beserta penjadwalannya
8. Goal Seek : Perintah untuk mengubah nilai rumus
9. Scenarios : Perintah untuk membuat ringkasan pada Microsoft Excel
10. Formula Auditing : Perintah untuk meletakkan rumus dengan menggunakan nilai pada sel aktif, mengatur sel dan meletakkan data ke rumus
11. Makro : Perintah untuk menjalankan program makro
12. Add-Ins : Perintah untuk mengaktifkan atau non aktifkan add – ins
13. Auto Correct Option : Perintah untuk menampilkan perintah auto corret
14. Custommize : Perintah untuk mengatur toolbars
15. Options : Perintah untuk membuka menu dan tabulasi
7.MENU DATA
1. Short : Perintah untuk mengurutksn data
2. Filter : Perintah untuk memfilter data
3. Form : Perintah untuk menambah atau mengurangi data
4. Subtotal : Perintah untuk menghitung sub total
5. Validation : Perintah untuk membatasi jenis data yang dimasukkan
6. Table : Perintah untuk membuat table
7. Text to Columns : Perintah untuk membuat naskah text menjadi berkolom
8. Consolidate : Perintah untuk mengkonsolidasi data
9. Group and Outline : Perintah untuk menggabungkan data
10. Pivot Tabel and Pivot Chart Report : Perintah untuk membuat table dan grafik pivot
11. Import External Data : Perintah untuk mengimpor data luar
12. Refresh Data : Perintah untuk menyegarkan kembali data dari luar
8.MENU WINDOW
1. New Window : Perintah untuk menampilkan lembar kerja yang di edit
2. Arrange : Perintah untuk mengatur jendela
3. Unhide : Perintah untuk menampilkan kembali workbook yang di hidden
4. Split : Perintah untuk membagi lembar kerja
5. Freeze Panes : Perintah untuk membuat supaya sel dibawah dapat terlibat
9.MENU HELP
1. Microsoft Excel Help : Perintah untuk menampilkan office assistant
2. Show the Office Assistant : Perintah untuk melihat keterangan dari topic yang dipilih
3. Microsoft Excel Online : Perintah untuk online
4. Contact Us : Perintah untuk bantuan pada Microsoft
5. Check for Updates : Perintah untuk mengupdate
6. Detect and Repair : Perintah untuk mendeteksi dan memperbaiki Microsoft Excel
7. About Microsoft Office Excel : Perintah untuk melihat penjelasan tentang Excel
II. 2. c. Menggunakan Microsoft Excel 2007

Ø MENGENAL BUKU KERJA MICROSOFT EXCEL

http://1.bp.blogspot.com/_klLXgQ6C4aY/TOzw3mFMTDI/AAAAAAAAASQ/HpPjGbbSCKw/s400/Picture1.jpgMari kita identifikasi bagian bagian penting dari area buku kerja microsoft excel tersebut sebagai berikut:
Catatan gambar:
Gambar diatas adalah tampilan buku kerja Exel 2003, bagi anda yang sudah memiliki Exel 2007 tidak perlu ragu karena perbedaanya hanya pada tampilanMenu Bar dan Tool Bar saja
Menu Bar dapat disamakan dengan Baris Tab, sedangkan Tool Bar dapat disamakan dengan Grouppada exel 2007
Sebagai perbandingan, gambar buku kerja exel 2007 ditampilkan di bagian akhir posting ini
Penjelasan Gambar:
Tabulasi:
Adalah baris yang menampilkan lembar kerja.
Buku kerja baru, secara defoult terdiri dari 3 lembar kerja (Sheet) namun dapat ditambah jika diperlukan. Lembar kerja yang sedang aktif adalah Sheet yang warnanya lebih gelap.
Agar lebih mudah dalam pemahaman, anda bayangkan saja Workbook itu sebuah buku tulis, dimana setiap buku terdiri dari beberapa halaman untuk menulis. Kita dapat menulis dihalaman pertama (sheet 1), halaman 2 ( sheet 2 ), halaman 3 ( sheet 3 ) dan seterusnya.
Bukunya disebut Workbook dan halaman – halamannya disebut Sheet, dan halaman aktif yang sedang atau akan ditulisi disebut dengan lembar kerja (Worksheet)
Lembar kerja:
Adalah tempat kita menulis atau beraktifitas dengan microsoft excel. Setiap lembar kerja (Worksheet ), terdiri dari 256 kolom dan 65536 baris. Kolom diwakili oleh huruf, A, B, C, D ……sampai IV, sedangkan baris diwakili oleh angka 1, 2, 3,…. sampai 65536.
Name Box :
Adalah tempat menampilkan nama cell yang sedang aktif, terlihat nama cell yang aktif adalah A1. Cell adalah perpotongan antara baris dan kolom , diberi nama menurut nama kolom dan namor baris pada lokasinya. Contohnya Cell A1, berarti cell tersebut terletak pada perpotongan antara kolom A dan baris 1.
Pointer:
Menunjukan posisi cell atau range yang aktif.
Range adalah sekumpulan cell yang berdekatan yang berbentuk persegi panjang.
Pointer berbentuk persegi panjang yang pinggirnya bergaris tebal

Indikator Formula;
Adalah tempat untuk melihat apa yang diketikkan pada suatu Cell. Melalui Indikator Formula ini kita juga dapat mengedit apa yang telah diketikkan pada cell yang aktif tersebut. Indikator Formula akan kosong apabila Cell atau pointer berada dalam keadaan kosong .

Control Menu:
Biasa juga disebut baris judul, menampilkan proggram yang sedang aktif. Terlihat program yang sedang aktif adalah Microsoft Excel
Title Bar:
Menampilkan nama dokumen/ file yang sedang aktif. Terlihat dokumen yang aktif pada gambar adalah Book 1. Nama Bok 1 ini akan muncul secara otomatis pada saat kita mengaktifkan microsoft Excel pertama kali dan jika dokumen ini disimpan dengan nama lain, maka pada title bar akan muncul nama dokumen/ file yang disimpan tersebut.

Menu Bar:
Adalah baris menu yang berisi nama nama menu yang dimiliki oleh microsoft exlel

Tool Bar:
Adalah baris tools yang berisi perintah perintah yang dapat digunakan secara lansung. Perintah perintah tersebut ditampilkan dengan lambang lambang (icon)
Status Bar :
Adalah baris dokumen dokumen yang pernah diaktifkan, dengan mengklik dokumen tersebut anda akan berpindah dari dokumen yang satu ke dokumen yang lainnya
Scroll Bar ;
Adalah tempat kita mengulung lembar kerja. Scroll bar sebelah kanan untuk mengulung lembar kerja ke atas atau ke bawah, sedang scrollbar yang berada di bawah yaitu di sebelah kanan Tabulasi, untuk menggulung lembar kerja ke kiri atau ke kanan

Ø MENYIMPAN DAN MEMBUKA BUKU KERJA

Setelah beraktifitas, tentunya buku kerja anda perlu di simpan, dokumen yang pernah disimpan mungkin akan dibuka kembali untuk melanjutkan pekerjaan yang terbengkalai, atau mungkin anda ingin bekerja pada buku kerja yang baru lagi. Semua itu dapat dilakukan dengan mudah.
Menyimpan dengan nama file baru:
· Klik ikon Save As, akan ditampilkan jendela dialog Save As
· Klick tanda panah pada kotak dialog Save in untuk memiilih lokasi penyimpanan mis; May Documment atau Data(D;)
· Klik ikon Create New Folder yang terletak di sebelah kanan kotak Save in untuk mebuat folder baru, dimunculkan jendela dialog New Folder.
· Pada kotak dialog Name, ketikan nama folder (mis; Badu) dan tekan tombol OK, maka pada kotak dialog Save in, muncul folder dengan nama Badu
· Pada kotak dialog File Name, ketikkan nama file anda mis; Tugas 1
· Klik tombol Save, buku kerja anda akan di simpan
Perhatikan Title atau Status lembar kerja anda!!!,
Buku kerja Book 1 telah diganti dengan nama Tugas 1. Artinya, sekarang yang aktif adalah Microsoft Excel dengan nama file Tugas 1, dimana file tersebut terletak pada folder Badu
Menyimpan ke file yang aktif:
· Klick icon Save, buku kerja anda lansung di simpan
Sebaiknya anda sering sering mengklik icon Save ini untuk melakukan penyimpanan agar hasil pekerjaan anda tidak hilang sekiranya ada gangguan seperti listrik mati tiba-tiba atau komputer anda bermasalah.
Mengaktifkan bubu kerja yang pernah di simpan:
Adakalanya anda berkeinginan untuk mengaktifkan kembali buku kerja yang pernah anda simpan untuk suatu keperluan seperti melajutkan pekerjaan yang belum selesai, prosedurnya adalah sbb:
· Klik icon Open, akan ditampilkan jendela dialog Open
· Klik tanda panah pada kotak dialog Look in, untuk mencari lokasi penyimpanan dokumen anda
· Double klick, folder dokumen anda
· Double klick, file dokumen anda
Membuka buku kerja baru:
Berkemungkinan setelah menyimpan buku kerja yang anda kerjakan, anda ingin bekerja pada buku kerja yang baru. Untuk itu anda harus membuka buku kerja yang baru yang masih kosong, caranya sebagai berikut :
· Klik ikon New
Anda akan ditampilkan buku kerja baru yang masih kosong. Perhatikan title atau Status bar!!!. Terlihat sekarang namanya adalah Book … dengan lembar kerja yang aktif adalah Sheet 1

Ø MEMFORMAT CELL ATAU RANGE

Hampir semua aktivitas pada lembar kerja Excel diawali dengan mempersiapkan tabel karena data data yang ada akan diolah dan ditampilkan dalam bentuk tabel, untuk itu mari kita berlatih memformat text (data label) sekaligus mempersiapkan tabel agar tampil lebih menarik. Selain itu data numerik juga membutuhkan pengaturan, misalnya untuk mengubah tampilan bilangan biasa menjadi bilangan yang bernilai mata uang dan lain-lain.
http://1.bp.blogspot.com/_klLXgQ6C4aY/TPE2dZA4oXI/AAAAAAAAAVY/NyCW79g394g/s400/Picture19.jpg
Seandainya anda sudah tahu fungsi perintah yang dilambangkan dengan icon icon untuk memformat, anda bisa lansung menggunakan icon icon tersebut setelah mengklick cell atau memblok reange yang akan di format. Cara ini lebih cepat namun proses memformat cell akan lebih lengkap jika anda memulainya dengan mengklick kanan mouse sbb:
· Klick cell atau blok range yang akan diformat
· Klik kanan pada cell atau range yang akan di format, ditampilkan daftar perintah atau operasi yang bisa kita lakukan pada cell sebagai berikut;
· Pilih perintah Format Cells, akan ditampilkan jendela Format Cells
Pada jendela dialog Format Cell tersedia 6 tab pilihan memformat:
1. Number; untuk memformat tampilan data numerik
2. Alignment; untuk memformat tata letak atau pengetikan text pada range
3. Font; untuk memformat jenis, gaya, ukuran dan warna text
4. Border; untuk memformat bingkai tabel
5. Fill; untuk memformat warna latar
6. Protection; untuk memproteksi pemformatan yang anda lakukan agar tidak di ubah oleh orang lain
· Pilih tab Font, ditampilkan pilihan pengaturan Font sbb:
1. Font: untuk memilih jenis font
2. Font Style: untuk memilih gaya cetah font
3. Size: untuk memilih ukuran font
4. Under line: untuk memilih jenis garis bawah
5. Color: untuk memilih warna font
6. Effects: untuk memilih posisi cetak font pada baris
7. Preview: untuk melihat pra cetak dari pilihan pengaturan
· Pilih tab border (jika diperlukan), ditampilkan pilihan mengatur border
1. Line Style: untuk memilih jenis garis border
2. Presets dan Border untuk memilih jenis border
3. Color: untuk memilih warna garis border
· Pilih tabl Fill (jika diperlukan), akan ditampilkan pilihan pengaturan latar
  1. Becground Color: untuk memilih warna latar
  2. Fill Effects: untuk memberi warna bias
  3. More Color: untuk memilih warna selain yang ditampilkan pada pilihan becground color
  4. Pattern Style: untuk memilih jenis arsiran
  5. Pattern Color: untuk memilih warna garis arsiran
  6. Sample: untuk melihat pra cetak dari pengaturan latar
· Pilih tab Aligment, ditampilkan pilihan mengatur tata letak text pada range
1. Text Aligmen: untuk mengatur tata letak tex pada range baik secara Horizontal maupun secara vertical
2. Text control Wrap text: untuk mengatur agar text yang melebihi lebar kolom, digeser ke baris dibawahnya
3. Tex control Srink to fit: untuk mengatur agar ukuran text menyesuaikan dengan lebar kolom
4. Tex control Marge cell: untuk mengabungkan cell cell yang berada pada range menjadi satu cell
5. Orientation: untuk mengatur kemiringan text
Hati hati menggunakan perintah Marge, karena semua cell yang tergabung dalam range akan digabung menjadi satu cell. Untuk itu, block lah terlebih dulu range yang membutuhkan penggabungan cell saja, sebelum memberikan perintah Marge
· Pilih tab Number ( jika perlu), ditampilkan pilihan mengatur tampilan data numerik sbb:
Pada jendela tab Number, tersedia 12 pilihan memformat data numerik
General, untuk mengembalikan tampilan data numerik yang pernah diformat ke tampilan umum
Number, untuk mengubah tampilan bilangan ke Koma Style sbb:
1. Decimal Places, untuk menentukan berapa digit angka di belakang koma
2. Use 1000 separator(,), untuk memberi tanda pemisah berupa tanda koma setiap kelipatan seribuan
3. Negatif Number, untuk memilih jenis tanda yang menandai jika bilangan dimaksud adalah bilangan negatif
4. Sample, untuk melihat pra cetak pilihan anda
Currency, untuk mengubah tampilan bilangan ke Mata uang, dimana lambang mata uangnya rapat kanan sbb:

1. Decimal Places, untuk menentukan berapa digit angka di belakang koma
2. Syimbol, untuk memilih lambang mata uang yang akan digunakan
3. Negatif Number, untuk memilih jenis tanda yang menandai jika bilangan dimaksud adalah bilangan negatif
4. Sample, untuk melihat pra cetak pilihan anda
Accounting, untuk mengubah tampilan bilangan ke Mata uang, dimana lambang mata uangnya rapat kiri sbb:

1. Decimal Places, untuk menentukan berapa digit angka di belakang koma
2. Syimbol, untuk memilih lambang mata uang yang akan digunakan
3. Sample, untuk melihat pra cetak pilihan anda
Date, untuk mengubah tampilan tanggal sbb:
1. Locale (Localition); untuk memilih negara, mis; Indonesia
2. Type; untuk memilih jenis tampilan tanggal
3. Sample, untuk melihat pra cetak pilihan anda
Time; untukmengubah tampilan waktu
Percentage; untuk mengubah bilangan ke porsentase
Fraction; untuk mengubah bilangan yang kecil dari nol menjadi bilangan pecahan
Scintific; untuk mengubah bilangan ke bentuk exponen (perpangkatan ilmiah)
Text; untuk menjadikan data numerik sebagai data label
· Akhiri kegiatan memformat anda dengan mengklick tombol OK
· Pada kondisi tertentu, pemformatan menyebabkan lebar kolom tidak lagi sesuai. Untuk itu atur kembali lebar kolom tabel anda

Ø MEMASUKKAN DATA EXCEL

Pengertian Data
Data excel adalah apa saja yang menjadi isi suatu cell, secara umum data excel dikelompokkan dalam 2 jenis, yaitu; Data Label dan Data Numerik
Data Label: adalah data berupa text yang tidak dapat dioperasikan secara matematika, biasanya dimulai dengan huruf, termasuk tanda baca dan simbol simbol serta angka yang bercampur huruf. Ciri cirinya adalah; setelah data dimasukkan ke suatu cell, posisi data tersebut di dalam cell rapat kiri
Data Numerik: adalah data berupa angka yang dapat diolah secara matematika, biasanya dimulai angka 0 s/d 9, dan (= atau +) khusus untuk mengawali rumus /formula matematika/ fungsi atau ( - ) khusus bilangan negatif. Ciri cirinya adalah; setelah data dimasukkan ke suatu cell, posisi data tersebut di dalam cell rapat kanan
Jenis data Numerik adalah sbb;
1. Jeneral; yaitu berupa bilangan biasa
2. Number; yaitu berupa bilangan dengan pengaturan khusus seperti berapa digit dibelakang koma, ditandai dalam kelipatan seribuan ataupun ditandai sebagai bilangan negatif
3. Currency; yaitu berupa mata uang dengan lambang mata uang rapat kanan
4. Accounting; yaitu berupa mata uang dengan lambang mata uang rapat kiri
5. Date; yaitu berupa tanggal
6. Time; yaitu berupa waktu
7. Percentage; yaitu berupa bilangan dalam persentase
8. Fraction; yaitu berupa bilangan dalam pecahan
9. Scientific; yaitu berupa bilangan dalam exponen
Memasukan data label
· Tempatkan pointer pada salah satu cell, atau aktifkan salah satu cell, misalnya B1 ( klik B1)
· Ketikan suatu data berupa label, mis; Nama Siswa
· Periksa kebenaran hasil ketikkan anda
· Tekan tombol Enter,
Perhatikan:
Panjang text tidak mengikuti Lebar kolom, jika pada cell disamping kanannya dimasukkan lagi data yang lain maka text yang melebihi lebar kolom akan ditimpa. Untuk mengatasi hal ini aturlah lebar kolom dari cell dimaksud

  • Posisi data di dalam cell rapat kiri
  • Posisi pointer (cell yang aktif) ditampilkan pada kotakIndikator Cell
  • Apa saja yang anda ketikkan pada cell yang aktif, ditampilkan pada kotak Indikator Formula
· Untuk data label, yang ditampilkan indikator formula akan sama dengan yang terlihat pada cell
· Sebaiknya sebelum anda menekan tombol Enter, perhatikan dengan seksama kebenaran data anda pada kotak Indikator Formula agar anda tidak repot memperbaikinya
Memasukan data numerik
· Klik cell tempat memasukkan data
· Ketikan suatu data numerik mis; 345678
· Tekan tombol Enter
Perhatian
· Posisi data di dalam cell rapat kanan
· Yang anda ketikkan pada cell akan ditampilkan pada indikator formula
· Jika yang diketikan pada cell berupa bilangan lebih dari 10 digit, maka tampilan cell akan berubah dalam bentuk exponen
· Jika yang diketikkan berupa rumus, yang ditampilkan pada cell adalah hasil dari rumus tersebut

· Tampilan cell juga tidak akan sama dengan tampilan indikator formula, apabila data pada cell tersebut telah diformat. mis; data berupa bilangan 20 rumus pada cell B1, di format ke data berupa mata uang rupiah
· Apabila pada cell ditampilkan tanda pagar, ini menunjukkan bahwa kolom pada cell dimaksud kurang lebar, aturlah lebar kolom cell tersebut.

Ketentuan memasukkan data numerik:
· Pengetikan data numerik tidak boleh bercampur huruf , tanda baca(kecuali rumus, fungsi, bil desimal, waktu dan tanggal), maupunspasi. Jika bercampur maka dianggap sebagai data label, posisi text di dalam cell akan rapat kiri dan tidak bisa diolah secara matematika
· Tanda koma pada data berupa bil desimal, diketikkan tanda titik (.) Mis (85,25) cara Indonesia, diketikkan 85.25
· Data berupa tanggal dimasukan dengan pola MM/DD/YY. Mis; untuk tanggal 1 Desember 2008 diketikkan 12/01/08. Selanjutnya tampilan tanggal dapat diformat
· Data berupa waktu. Mis; pukul 7 lewat 30 menit 15 detik, maka diketikkan 07:30:15
· Data berupa mata uang, diketikkan angkanya saja, selanjutnya diformat ke mata uang
· Data berupa percent dan pecahan, diketikkan bilangan desimal, selanjutnya di format ke percent atau ke pecahan
· Pengetikan rumus/ formula/ fungsi harus diawali dengan tanda sama dengan (=) atau tanda tambah (+)
Seringkali terjadi kesalahan pengetikan dalam memasukan data. Data yang salah tersebut tentu perlu di ganti atau di perbaiki.
Mengganti data
· Klik cell yang datanya akan diganti (mis; Nama Siswa )
· Ketik data baru (mis; Daftar Pegawai)
· Tekan tombol enter, sekarang Nama Siswa sudah diganti dengan Daftar Pegawai
Memperbaiki data
Misalkan data ‘Daftar Pegawai ‘ ternyata salah, yang benar adalah ‘Data Pegawai’
· Klik sel yang datanya akan diperbaiki
· Tempatkan kursor di kotak Formula Bar
· Perbaiki data
· Tekan enter
Cara lain:
· Klik sel yang datanya akan diperbaiki
· Tekan tombol F2 pada key boart
· perbaiki data pada cell dimaksud
· Enter
Dengan demikian, untuk menghemat waktu, jika ada data atau formula yang salah ketik, cukup diperbaiki bagian yang salah saja, jangan di ganti semua.
Mengatur lebar kolom secara manual:
· Tempatkan kursor di sebelah kanan garis batas kolom sehingga kursor berubah bentuk menjadi tanda panah kiri kanan.
· Klick dan drag, ke kiri untuk mempersempit kolom dan ke kanan untuk memperlebar kolom

Ø MENAMPILKAN PERINTAH YANG TERSEMBUNYI

Microsoft excel memiliki lebih 20 tollbar atau group, namun secara defoult hanya ditampilkan beberapa toolbar atau group saja. Pada masing masing toolbar atau group terdapat beberapa icon. Kadangkala kita membutuhkan toolbar maupun icon tertentu untuk memudahkan kita dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Untuk itu toolbar maupun icon yang masih tersembunyi dapat kita tampilkan maupun disembunyikan kembali jika tidak diperlukan lagi.
Untuk mempercepat proses pengerjaan suatu pekerjaan, sebaiknya dalam memilih perintah-perintah yang akan digunakan, ikuti hirarki berikut;
· Klik kanan mous pada cell atau range atau objek yang membutuhkan suatu perintah, akan ditampilkan kotak dialog yang berisi beberapa perintah, pilih perintah yang anda butuhkan. Jika tidak tersedia perintah yang dibutuhkan, lanjut dengan .....
· Pilihlah perintah atau icon yang diperlukan melalui toolbar yang telah ditampilkan. Jika tidak tersedia perintah yang dibutuhkan, lanjut dengan .....
· Klik salah satu Menu atau Tab, akan ditampilkan beberapa perintah, pilih perintah yang anda butuhkan. Jika tidak ditemukan, klik menu lainya.
· Seandainya anda akan sering menggunakan icon atau perintah tertentu, tetapi icon tersebut tidak terdapat pada toolbar yang telah ditampilkan (masih tersembunyi), maka ikon tersebut sebaiknya anda tampilkan terlebih dulu dan selanjutnya anda dapat menggunakan lansung tanpa perlu mencarinya lagi
· Seandainya beberapa icon yang anda butuhkan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan berada pada toolbar yang masih tersembunyi, toolbar tersebut sebaiknya anda tampilkan terlebih dulu, misalnya toolbar Chart sangat dibutuhkan untuk mengedit grafik anda.
Menampilkan ikon pada excel 2003
· Klik kanan pada sebarang icon, ditampilkan kotak dialog
· Pilih Costumize, ditampilkan jendela dialog Costumize
· Pilih tab Commands,
· ditampilkan daftar ikon ikon untuk masing masing cetegories
· Cari ikon yang akan ditampilkan melalui kotak Categories dan Commands.
· Misalnya pada kotak categories pilih Insert dan temukan icon Simbol pada kotak command
· Klik dan drag icon icon yang anda butuhkan ke samping menu Help
· Klik tombol Cloce pada jendela dialog jika selesai
· Menyembunyikan icon pada excel 2003
· Klik kanan pada sebarang icon
· Pilih Costumize
· Klik kanan ikon yang akan disembunyikan,
· Ditampilkan jendela dialog
· Pilih Delete
· Klik tombol Close
· Menampilkan Icon pada Exel 2007:
· Klic kanan pada sebarang icon, akan ditampilkan kotak dialog
· Pilih Customize Quick Access Toolbar, ditampilkan kotak dialog
· Cari dan pilih icon yang anda butuhkan
· Klick tombol Add
· Klick tombol OK
Menyembunyikan icon pada excel 2007
· Klick kanan pada icon yang akan di sembunyikan, ditampilkan kotak dialog
· Pilih Remove Quick Access Toolbar

Ø PERINTAH-PERINTAH PADA MICOROSOFT EXCEL

Untuk mengoperasikan Microsof Excel, seftware ini telah menyediakan banyak sekali fasilitas berupa perintah perintah. Perintah perintah tersebut dikelompokkan berdasarkan fungsinya secara umum yang biasa kita sebut dengan Menu atauTab (pada excel 2007).
Selanjutnya guna memudahkan pengguna, perintah perintah tersebut ditampilkan berdasarkan kelompok perintah untuk keperluan tertentu. Baris perintah ini biasa juga disebut dengan Toolbar atauGroup (excel 2007). Misalnya toolbar Formating, berisi perintah perintah untuk keperluan memformat tex atau angka.
Sebagian besar dari perintah perintah tersebut ditampilkan dalam bentuk lambang atau icon, dengan demikian anda tinggal klik icon nya dan perintah lansung di jalankan atau di eksekusi sehingga sangat membantu dalam kecepatan pengoperasian software.
Tidak semua perintah ditampilkan di buku kerja, namun perintah perintah yang tersembunyi dengan mudah dapat ditampilkan jika anda butuhkan atau disembunyikan kembali.
Berikut adalah perintah-perintah yang sering digunakan :
I. 2. d. Tips dan Trik
Metode belajar adalah lewat sistem quick reference yang memudahkan siapa saja dapat dengan mudah menguasai aplikasi desktop, karena biasanya hanya berupa beberapa lembaran sederhana namun padat akan tutorial berupa perintah cepat .
Membuat fungsi Terbilang Excel 97|2000|2002|2003|2007

MS Excel juga bisa menampilkan angka secara terbilang. Bagimana caranya ?

Anda harus membuat fungsi terlebih dahulu di vba (dengan menekan tombol Alt+F11)
Copy-kan script berikut ini dalam vba anda.
---

Public Function Terbilang(x As Currency)
Dim triliun As Currency
Dim milyar As Currency
Dim juta As Currency
Dim ribu As Currency
Dim satu As Currency
Dim sen As Currency
Dim baca As String
If x > 1000000000000# Then
Terbilang = "<>"
Exit Function
End If
'Jika x adalah 0, maka dibaca sebagai 0
If x = 0 Then
baca = angka(0, 1)
Else
'Pisah masing-masing bagian untuk triliun, milyar, juta, ribu, rupiah, dan sen
triliun = Int(x * 0.001 ^ 4)
milyar = Int((x - triliun * 1000 ^ 4) * 0.001 ^ 3)
juta = Int((x - triliun * 1000 ^ 4 - milyar * 1000 ^ 3) / 1000 ^ 2)
ribu = Int((x - triliun * 1000 ^ 4 - milyar * 1000 ^ 3 - juta * 1000 ^ 2) / 1000)
satu = Int(x - triliun * 1000 ^ 4 - milyar * 1000 ^ 3 - juta * 1000 ^ 2 - ribu * 1000)
sen = Int((x - Int(x)) * 100)
'Baca bagian triliun dan ditambah akhiran triliun
If triliun > 0 Then
baca = ratus(triliun, 5) + "triliun "
End If
'Baca bagian milyar dan ditambah akhiran milyar
If milyar > 0 Then
baca = ratus(milyar, 4) + "milyar "
End If
'Baca bagian juta dan ditambah akhiran juta
If juta > 0 Then
baca = baca + ratus(juta, 3) + "juta "
End If
'Baca bagian ribu dan ditambah akhiran ribu
If ribu > 0 Then
baca = baca + ratus(ribu, 2) + "ribu "
End If
'Baca bagian rupiah dan ditambah akhiran rupiah
If satu > 0 Then
baca = baca + ratus(satu, 1) + "rupiah "
Else
baca = baca + "rupiah"
End If
'Baca bagian sen dan ditambah akhiran sen
If sen > 0 Then
baca = baca + ratus(sen, 0) + "sen"
End If
End If
Terbilang = UCase(Left(baca, 1)) & LCase(Mid(baca, 2))
End Function

Function ratus(x As Currency, Posisi As Integer) As String
Dim a100 As Integer, a10 As Integer, a1 As Integer
Dim baca As String
a100 = Int(x * 0.01)
a10 = Int((x - a100 * 100) * 0.1)
a1 = Int(x - a100 * 100 - a10 * 10)
'Baca Bagian Ratus
If a100 = 1 Then
baca = "Seratus "
Else
If a100 > 0 Then
baca = angka(a100, Posisi) + "ratus "
End If
End If
'Baca Bagian Puluh dan Satuan
If a10 = 1 Then
baca = baca + angka(a10 * 10 + a1, Posisi)
Else
If a10 > 0 Then
baca = baca + angka(a10, Posisi) + "puluh "
End If
If a1 > 0 Then
baca = baca + angka(a1, Posisi)
End If
End If
ratus = baca
End Function

Function angka(x As Integer, Posisi As Integer)
Select Case x
Case 0: angka = "Nol"
Case 1:
If Posisi <= 1 Or Posisi > 2 Then
angka = "Satu "
Else
angka = "Se"
End If
Case 2: angka = "Dua "
Case 3: angka = "Tiga "
Case 4: angka = "Empat "
Case 5: angka = "Lima "
Case 6: angka = "Enam "
Case 7: angka = "Tujuh "
Case 8: angka = "Delapan "
Case 9: angka = "Sembilan "
Case 10: angka = "Sepuluh "
Case 11: angka = "Sebelas "
Case 12: angka = "Duabelas "
Case 13: angka = "Tigabelas "
Case 14: angka = "Empatbelas "
Case 15: angka = "Limabelas "
Case 16: angka = "Enambelas "
Case 17: angka = "Tujuhbelas "
Case 18: angka = "Delapanbelas "
Case 19: angka = "Sembilanbelas "
End Select
End Function

---
Untuk mencobanya anda tinggal memanggil fungsi tersebut =terbilang(12) atau mereferensikan ke sel lain dengan =terbilang(b12)
silahkan dicoba.
Membuat Kalender Otomatis Excel 97|2000|2002|2003|2007


Pada tips kali ini kita akan membuat dengan fungsi Array
1. Tulis fungsi yang ada lihat digambar dengan hati-hati. Atau anda copy list formula di atas. Berikut ini:

=IF(MONTH(DATE(YEAR(B2);MONTH(B2);1))<>MONTH(DATE(YEAR(B2);MONTH(B2);1)-(WEEKDAY(DATE(YEAR(B2);MONTH(B2);1))-1)+{0;1;2;3;4;5}*7+{1\2\3\4\5\6\7}-1);"";DATE(YEAR(B2);MONTH(B2);1)-(WEEKDAY(DATE(YEAR(B2);MONTH(B2);1))-1)+{0;1;2;3;4;5}*7+{1\2\3\4\5\6\7}-1)
2. Blok seluruh cell hasil dari B4:H9
3. Tekan F2, tekan CTRL+SHIFT+ENTER
I. 2. e. Uji Materi
Ganda :
1. Di bawah ini yang termasuk program pengolah angka, kecuali ... .
a. Quatto Pro c. Microsoft Word
b. Lotus 123 d. Microsoft Excel
2. Tanda pangkat dalam operator aritmatika adalah… .
a. + b. * c. – d. ^

3. Tanda bagi dalam operator aritmatika adalah ….
a. / b. ^ c. % d. *

4. Dalam fungsi matematika untuk menjumlahkan range dengan ….
a. subtotal b. sumif c. product d. sum

5. Untuk merubah format angka sesuai dengan aslinya menggunakan … .
a. number c. accounting
b. general d. date

6. Dalam fungsi matematika menjumlahkan range dengan kriteria tertentu dengan … .
a. sum c. sumproduct
b. product d. sumif

7. Tombol (X) yang terdapat pada jendela Microsoft Excel, berfungsi untuk … .
a. menutup jendela dan keluar dari Ms Excel
b. mengubah jendela penuh layar
c. menutup jendela untuk sementara
e. mengubah jendela ke ukuran semula

8. Perintah di bawah ini yang berfungsi untuk memblok 1 cell ke bawah adalah … .
a. alt + ↓ c. ctrl + ↓
b. shift + ↓ d. Tab + ↓

9. Tombol Ctrl + C sama artinya dengan …
a. mengklik menu edit kemudian cut
b. mengklik menu edit kemudian select all
c. mengklik menu edit kemudian paste
d. mengklik menu edit kemudian copy
10. Fungsi di bawah ini yang berfungsi untuk mencari nilai terendah dari suatu range adalah…
a. sum c. min
b. max d. average
Essay :
1. Sebutkan perbedaan lembar kerja Ms Word dan MS Excel!
2. Apa yang dimaksud dengan cell dan range itu!
3. Apa arti range ini
a). B1:E1
b). A3:C7
4. Uraikan arti dari = SUM(C3:C5) itu !
5. Ada berapa kolom dan baris pada lembar kerja Ms Excel itu ?
6. Gambarkan : Maximize, Restore, Minimize dan Close!
7. apa yang di maksud dengan Microsoft Excel ?
8. ada berapakah cara membuka program Microsoft Excel itu ?
9. bagaimana cara kita untuk memindahkan data/table ?
10. bagaimana cara kita untuk memperbanyak data ?
11. jika kita akan menjumlahkan angka keseluruhan, kita menggunakan rumus apa ?
12. jika kita akan mencari angka tertinggi, kita menggunakan rumus apa ?
13. jika kita akan mencari angka terendah, kita menggunakan rumus apa ?
14. bagaimana penulisan rumus Halookup ?
15. apakah fungsi dari X dalam rumus Hlookup?
16. fungsi dari B dalam rumus Hlookup adalah ?
17. bagaimana penulisan rumus Vlookoup ?
18. apakah fungsi dari K dalam rumus Vlookup ?
19. bagaimanakah cara penulisan rumus pada fungsi Logika ?
20. apakah fungsi dari True dari rumus Logika ?
21. apakah fungsi dari Valse dari rumus Logika ?
22. untuk mengambil data di sebelah kiri kita gunakan rumus apakah ?
23. untuk mengambil data di tengah kita gunakan rumus apakah ?
24. untuk mengambil data di sebelah kanan kita gunakan rumus apakah ?
25. bagaimana caranya untuk membuat judul tersebut berada di tengah ?
26. bagaimana cara kita untuk menyimpan data/file ?
27. apa yang di maksud dengan Copy Plus ?
28. bagaimanakah caranya merubah angka menjadi format mata uang ?
29. bagaimanakah caranya merubah angka menjadi Persent ?
30. bagaimanakah caranya untuk membuat garis table ?
31. apakah yang di maksud dengan rumus Hlookup ?
32. apakah yang di maksud dengan rumus Vlookup?
33. apakaf fungsi dari rumus Max ?
34. apakah fungsi dari rumus Min ?
35. apakah fungsi dari rumus Sum ?
36. apakah fungsi dari rumus Average ?
37. apakah fungsi dari merge and center ?
38. bagaimanakah caranya untuk menambahkan baris kosong ?
39. bagaimanakah caranya utnuk menambahkan kolom kosong ?
40. bagaimana cara kita menghidupkan computer dengan baik dan benar ?
41. bagaimana cara kita mematikan computer dengan baik dan banar ?
42. apa yang harus kita ketik pertama kali untuk membuat rumus ?
43. jika keterangan ada lima, berapakah kita harus membuat IF ?
44. jika IF nya ada sepuluh berapa kita harus membuat kurung tutup ?
45. apa yang dimaksud dengan baris ?
46. apa yang disebut dengan kolom ?
47. bagaimanakah cara kita untuk melebarkan dan menyempitkan kolom ?
48. bagaimana cara kita untuk membuat grafik ?
49. dalam standard dokumand microsoft excel ada berapa Sheet kah dokumand tersebut ?
50. apakah fungsi string itu ?
51. apakah yang di maksud dengan =Right ?
52. apakah yang di maksud dengan =Left ?
53. dan apakah yang maksud dengan =Mid ?
II. RENCANA KEGIATAN
II. a. Pembagian Tugas
Ketua : Arif Delviawan
Wakil : Bayu Saputra Ilahi
Sekretaris : Dwi Kurnia Putri
Bendahara : Andi Mulya Pandika
Seksi-seksi :
Ø Seksi Humas :
1. Selestri Putri
2. Ary Aidul Saputra
3. Yossi Febriani
4. Diana Afifah
5. Diah Pratiwi
Ø Seksi sarana :
1. Astri Rahmad
2. Erpan Hidayatullah
3. Lia yulianti
4. Efti misizmi
5. Pricillia Andora
Ø Seksi konsumsi :
1. Dwi Kurnia Putri
2. Dipli Sepriarti
3. Elsa Refika Pertiwi
4. Arie Solihin
5. Rahmat syaputra
Ø Seksi keamanan :
1. Winda menasti
2. Ariski hidayat
3. Dery Irvan Nurahcman
4. M.Caecar Febriansyah
5. Liza Octiani
II. b. Jadwal Kegiatan
A. Hari, Tanggal : Sabtu 12 February 2011 s.d Minggu 20 February 2011
B. Tempat : Lab. MULTIMEDIA SMAN 1 BENGKULU SELATAN
C. Peserta : 20 siswa terbaik SMAN 1 BENGKULU SELATAN dari kelas
dari kelas X-XI Ipa dan Ips.
D. Narasumber :
1. Pembukaan ( Sabtu ) : Mustapa Lufti, S.Pd M.Pd
2. Senin, 14 February 2011 : Drs. E. Hartanta
3. Selasa, 15 February 2011 : Asep Kusrahman, S.Pd
4. Rabu, 16 February 2011 : Nixigo Sasvito
5. Kamis, 17 February 2011 : Riki Sogianto, ST
6. Jum’at, 18 February 2011 : Irwan Setiawan, S.Pd
7. Sabtu, 19 February 2011 : Endang Putri Utama, S.Kom
8. Penutupan ( Minggu ) : Mustapa Lufti, S.Pd M.Pd
II. c. Rincian Pembiayaan
No.
Barang
Jumlah
Biaya satuan
Total
Ket
1.
Pembuatan proposal
5 buah
Rp. 50.000,-
Rp. 250.000,-
2.
Pembelian buku
Microsoft Excel 2007
1 buah x 20
Rp. 40.000,-
Rp. 800.000,-
3.
Air Minum
7 Dus
Rp. 15.000,-
Rp. 105.000,-
4.
Konsumsi
25 bgks x 7
Rp. 15.000,-
Rp. 2.625.000.-
5.
Transport Tentor
7 org
Rp. 200.000,-
Rp. 1.400.000,-
6.
Buku Tulis
20 kodi
Rp. 50.000,-
Rp. 1000.000,-
7.
Pulpen
50 kotak
Rp. 10.000,-
Rp. 500.000,-
8.
Lain-lain
Rp. 640.000,-
Jumlah
Rp.
PENUTUP
a. Kesimpulan
Pembelajaran merupakan suatu rangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mengajarkan suatu disiplin ilmu serta ada sekelompok orang yang yang membu- tuhkannya sehingga ada imbal balik antara keduanya.
Teknologi Informasi dan komunikasi adalah sebuah media atau alat bantu dalam memperoleh pengetahuan antara seseorang kepada orang lain. Globalisasi merupakan suatu proses yang mencakupkeseluruhan dalam berbagai bidang kehidupan sehingga tidak tampak lagi adanya batas-batas yangmengikat secara nyata, sehingga sulit untuk disaring atau dikontrol.
Teknologi saat ini bukan lagi menjadi sesuatu yang aneh , bahkan saat ini teknologi sangat penting bagi kehidupan sehari-hari. Rasanya saat ini kita tidak dapat hidup tanpa teknologi. Kita pasti tidak mau kalau kita disebut “GAPTEK” , apa lagi dijaman yang semodern sekarang. Liat saja sekarang sudah ada 3G suatu alat komunikasi yang walaupun kita terpisah jarak kita tetap bisa berkomunikasi dengan melihat satu sama lain “gimana bisa coba”. Paling tidak mulai dari sekarang kita harus belajar ilmu teknologi . karena perkembangan teknologi akan terus berkembang dimasa mendatang.
Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerjaspreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS.
Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategimarketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2007 yang diintegrasikan di dalam paketMicrosoft Office System 2007.
Excel 2007 hadir dengan tambahan berbagai fasilitas sehingga lebih sempurna dibandingkan dengan versi sebelumnya. Fitur baru tersebut antara lain adalah desain jendela (interface) Excel, jumlah baris dan kolom lebih banyak, format file baru, penulisan formula lebih mudah. Office Themes dan Excel Styles, pengurutan dan penyaringan data didesain lebih canggih, tampilan grafik yang lebih variatif, PivotTable lebih mudah digunakan dan sebagainya.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

lengkap sekali informasi yg di berikan.agen judi bola ,
agen judi casino ,
agen judi online ,

Posting Komentar